Sabtu, 30 Juni 2012

Cara menghilangkan bau Lumpur Pada Ikan Tawar

detail berita

BAU lumpur pada ikan kerap jadi masalah dalam memasak. Coba saja gunakan susu segar untuk menghilangkan bau tersebut, agar ikan tawar bisa enak saat disantap.

"Susu itu banyak manfaatnya, apalagi susu bisa dipakai untuk membersihkan ikan tawar terutama untuk menghilangkan bau lumpur di tubuh ikan," jelas Chef Antoine Audran, Chef Java Bleu, saat berbincang dengan Okezone usai acara Heinz ABC Indonesia gelar Foodservice gathering di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Cara pemakaiannya cukup mudah, Anda tinggal memasukkan ikan air tawar yang masih hidup ke dalam air kemudian dibei susu segar bersama daun basil, namun menurutnya pemakaian susu harus seimbang dengan air yang digunakan. "Perbandingannya itu 50:50, airnya 50 persen, susunya 50 persen, kalau susu untuk hilangkan bau lumpur, sementara daun basil untuk mengangkat kotoran yang menempel pada ikan air tawar," tegasnya lagi.

Meski menggunakan susu untuk menghilangkan bau lumpur yang melekat pada ikan tawar, tetapi baginya menyarankan bila Anda tidak usah khawatir dengan aroma susunya karena tidak akan menempel pada tubuh ikan. "Perendaman ikan air tawar dengan memakai susu pun juga jangan terlalu lama, misalnya ikan berukuran satu kilo, Anda cukup rendam dengan susu selama 15 menit dan itu paling lama. saat dimakan pun juga enak," lanjutnya.

Untuk mengetahui aroma lumpur pada ikan air tawar sudah menghilang, Anda tidak perlu khawatir karena caranya cukup mudah terlebih harus menggunakan indera perasa.
"Anda tidak bisa cuma sebatas memakai kasat mata saja, karena aroma bau tidak bisa terasa oleh mata. Gunakan indera penciuman seperti hidung atau lebih baik, Anda rasakan saja ikannya," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar