Sabtu, 30 Juni 2012

Tips Memasak Ikan Agar Tidak Lengket dan Crispy


jangan terlalu lama memasak ikan karena sangat disayangkan bila nutrisi dan gizi pada ikan hilang karena proses memasak terlalu lama.

Memasak ikan, harus diperhatikan wadah yang Anda pakai sebab wadah harus dipanaskan terlebih dahulu kemudian baru beri minyak sedikit saja karena bila wadah yang digunakan tidak panas maka saat memasak, ikan akan hancur dan dagingnya akan lengket.

Bila wadah sudah panas, maka pada saat ditaruh minyak ke dalam wadah tersebut akan menghasilkan panas. Kemudian pada saat penaruhan ikan untuk dimasak, taruh bagian kulit terlebih dahulu agar rasa krispy dari ikan akan terasa saat terkena lidah Anda.

Untuk prosesnya, cukup lima menit saja. Selain daging sudah matang, maka juicy, tekstur ikan akan terjaga serta terasa lembut. Perlu diketahui, dalam memasak ikan tidak semua jenis ikan dimasak dengan waktu dan proses memasak yang sama karena tingkat ketebalan serta bentuk ikan menjadi faktor utamanya.

Kalau ikan tuna cukup digrill saja, jangan terlalu lama karena akan menjadi keras dagingnya. Bila ikan berjenis daging putih, maka cukup dimasak dengan api kecil. Proses memasaknya, bila minyak dan wadah yang dipakai sudah panas, kecilkan apinya. Tingkat kematangan akan merata, sedangkan salmon tidak boleh terlalu matang, sebab gizinya akan hilang. Kalau over cook jadi tidak enak, bila ikan kakap harus dimasak matang. (uky)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar